Mengganti ekstensi file EXT4 menjadi F2Fs semua android

F2Fs ( Flash Friendly File System) yang dikembangkan oleh samsung untuk meningkatkan kinerja memori dengan dasar linux kernel. System file sebelumnya adalah Ext4 yang merupakan basis hampir semua sistem android.
F2Fs meningkatkan kecepatan dalam hal write and read suatu aplikasi, namun hanya berguna untuk cache dan data sedangkat ada system masih belum banyak berpengaruh sehingga belom digunakan secara massal.
Sekarang saya akan memberikan tutorial
untuk mengubah format ext4 menjadi F2Fs.

Jika anda pengguna LeEco Le2 silahkan update TWRP anda dengan yang sudah di modifikasi untuk bisa support F2Fs disini.
Kemudian silahkan backup semua data anda terlebih dahulu seperti folder android,download dll yang diinternal ke PC atau kemana saja. Setelah itu silahkan backup data anda juga via TWRP di Backup dan centang Data(excl.storage) kemudian pilih dimana ingin menyimpan file backupnya.

Setelah selesai backup kemudian menuju menu wipe- advanced wipe- dalvik,cache,data,internal.
setelah diwipe kemudian centang 1 per 1 dan yang bisa di ubah jadi f2fs hanya cache dan data, setelah itu pilih data kemudian tekan repair or change file system dan pilih change file system dan F2Fs,kemudian silahkan swipe dan lakukan juga untuk cache. cara ini juga berlaku untuk kembali ke system EXT4.





Jika sudah silahkan klik restore dan pilih file file yang telah di backup tadi, jika ingin langsung restore data yang di backup di pc bisa langsung saja ditwrp tadi lalu silahkan reboot.

Namun perlu diingat baru beberapa rom yang support f2fs. Untuk LeEco Le2 ada disini.

Author

Rony Rony

Post a Comment