Apa sih PLS-TFT pada Samsung M20 ?

Kemarin sempat heboh jagat teknologi terutama para fanboy dan haters Xiaomay dan Samseng ( muehehe). Dikarenakan Keluarnya Redmi Note 7 dan Samsung M Series terutama M20. Dimana Fanboy Xiomay dan Haters samseng mengatakan bahwa samsung menggunakan layar lama dan burik dengan menggunakan jenis TFT. Sebenernya apa sih TFT itu ? Dan apa sih IPS itu ?
Jadi disini saya akan membahas beberapa teknologi layar yang paling sering digunakan di smartphone ya.


1. Panel IPS (In Plane Switching)
    IPS merupakan  jenis panel layar yang memiliki viewing angel ( Sudut Pandang ) yang sedikit lebih lebar dan luas dari TFT. IPS juga sedikit lebih hemat daya dari TFT, IPS. Dalam urusan warna IPS juga lebih cerah dibanding yang lain. Namun IPS juga punya kekurangan, yaitu backlight mesti kuat sehingga lebih tebal, refresh rate sedikit lebih rendah dari amoled, kontras warna juga tidak cerah.

2. Panel TFT ( Thin Film Transistor )
    TFT merupakan tipe jenis layar lumayan tua yang memilki transistor pada setiap pixel sehingga dapat dimatikan secara individual. KEtajaman layar TFT sangat kuat, warna juga lebih cerah, biaya produksi juga lebih murah sehingga harga hp yang menggunakan panel ini dipastikan low cost. namun juga memiliki kekurangan yaitu tidak jelas saat hp dibawah sinar matahari langsung sehingga kurang jelas,dan juga lumayan boros daya, kemudian juga sudut pandangnya sempit sehingga kurang nyaman saat dilihat langsung.

3.OLED ( Organic Light Emiting Diode )
   Panel pengembangan dari LCD yang memiliki rasio kontras yang bagus dibanding IPS maupun TFT yang menggunakan dioda pemancar cahaya, sehingga warna dihasilkan dari molekul dioda sedangkan kecerahan berdasarkan pada voltase yang masuk. Namun harga OLED lebih mahal dari IPS dan juga molekul yang digunakan untuk memunculkan warna akan habis seiring usia sehingga dapat mempengaruhi kualitas warna kedepannya.

4. AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode )
    Merupakan pengembangan dari OLED yang dapat menghasilkan warna lebih jelas dan terang dan tetap hemat baterai, layar tipe ini juga lebih ramping dibanding yang diatas sehingga hp akan tampak lebih tipis, dan layar jenis ini di bawah sinar matahari akan tampak lebih jelas. Namun tentu saja kekurangan dari OLED masih dibawa selain Mahal juga akan terjadi pengurangan kualitas warna semakin lama, rawan terjadi Burn in karena pixel terlalu sering hidup mati sesuai warna yang ditampilkan misal saat gelap maka pixel akan dimatikan dan jika terang akan dihidupkan.

5. Super AMOLED
    Merupakan pengembangan dari AMOLED, yang diciptakan semakin tipis dan diberi penambahan fitur sensor sendiri untuk menciptakan sentuhan yang sensitif. Dan untuk kekurangan tetap sama seperti dari AMOLED.

Nah setelah baca baca diatas lalu apakah PLS TFT pada samsung seri M tersebut ?
Ternyata PLS TFT ( Plane Line Switching TFT ) merupakan pengembangan oleh samsung.PLS merupakan panel yang menggunakan metode elektroda yang berlokasi di dalam 1 panel sehingga kontras warna yang dihasilkan akan bagus dan terang. Sudut pandang panel pada panel PLS juga diklaim oleh samsung lebih  baik dari IPS dan juga brighness pada PLS 10% lebih baik dari IPS. Dalam memproduksikannya juga  diklaim lebih hemat 15%.

Saat dibandingkan secara sekilas PLS dan IPS memang tidak memiliki perbedaan yang mencolok sehingga akan tampak sama, namun panel PLS akan tampak lebih cerah dan sudut pandang lebih luas dari IPS. Panel PLS juga saat ditekan tidak akan terjadi perubahan warna seperti pada panel IPS.


Sekian informasi dari layar PLS TFT. Sehingga saat berdebat akan lebih nambah pengetahuan kalian.

Author

Rony Rony

1 comment

Post a Comment