Android

                       Android merupakan sebuah Operating System (OS) yang dikembangkan oleh google. Android memiliki dasar operating system linux kernel sehingga membuat android menjadi Free OS dengan open source. Android sendiri dicetuskan oleh 4 orang ,yaitu Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White dengan nama awalnya yaitu Android.inc pada tahun 2003. Pada awalnya mereka ingin membuat android os untuk sebuah kamera namun setelah 5 bulan mereka ingin membuatnya untuk perangkat seluler pintar dan bersaing dengan symbian serta microsoft windows mobile. Rubin kesulitan mencari investor,namun seorang temannya Steve Perlman membatu Rubin dengan membei sahamnya sebesar $10.000 . kemudian 2 tahun kemudian tepatnya 2005 Android.inc diakuisisi google beserta para penemunya.
Source: wikipedia
Kemudian dibawah google, Rubin beserta timnya mengembangkan android dengan kernel linux. Google sendiri menargetkan sebuah pasar platform mobile yang bisa systemnya dengan mudah diupgrade. Kemudian google mengeluarkan perangkat prototypenya yang memiliki bentuk mirip dengan blackberry lengkap dengan qwerty keyboardnya tanpa layar touchscreen.Kemudian pada awal tahun 2007 "apple" menyindir google dengan mengatakan bahwa android perlu kembali ke dasar desain awal. Kemudian akhirnya google mengatakan bahwa touchscreen akan segera bisa dirilis. Kemudian pada tahun 2008 Nokia dan blackberry sama sama mengeluarkan mobile device yang sudah menggunakan touchscren untuk menyaingi Apple Iphone 3G.


HTC DREAM. Wikipedia
Kemudian rilis juga android pertama secara bebas dengan mendukung touchscreen serta adanya keypad tambahan. Kemudian sejak saat itu android mulai berkembang menjadi sebuah mobile device yg mampu menyaingi Mobile OS lainnya

Author

Rony Rony

Post a Comment